Home » Air Kurang Kencang? Pompa Dorong/Booster Bisa Jadi Solusinya.

Air Kurang Kencang? Pompa Dorong/Booster Bisa Jadi Solusinya.

Pompa booster air atau pompa dorong adalah pompa yang membantu meningkatkan tekanan dan volume air yang mengalir ke keran rumah Anda. Tekanan air yang rendah atau kurang kencang akan membuat anda menjadi kurang nyaman. Tetapi jangan khawatir, pompa booster mungkin merupakan solusi yang tepat.

Apa itu Pompa Pendorong Tekanan Air?

Seperti namanya, pompa pendorong atau pompa booster meningkatkan tekanan air yang rendah – tetapi lebih khusus lagi, pompa ini menjaga kestabilan tekanan, bekerja sesuai kebutuhan untuk mencegah penurunan tekanan air. Dengan pompa booster, Anda akan memiliki aliran air yang kencang dan stabil di rumah Anda, membuatnya jauh lebih nyaman saat mandi, mencuci piring, menyiram tanaman dengan selang taman, dan mencuci pakaian.

Pompa booster dirancang untuk memberikan peningkatan tekanan, memindahkan air dari tangki penyimpanan ( Toren ) atau air utama ke seluruh instalasi pipa dirumah, kantor, atau bahkan fasilitas komersial. Jika Anda memiliki masalah dengan tekanan air yang rendah, pompa pendorong air bisa menjadi solusi sempurna untuk Anda. Jika dipasang dengan benar, Anda akan mendapatkan aliran air yang stabil, bahkan saat menggunakan beberapa keran sekaligus.

Bagaimana Booster atau Pompa Pendorong Bekerja?

Sistem pompa booster rumah tangga cukup sederhana namun sangat membantu menyelesaikan masalah tekanan air kecil di rumah Anda. Sistem ini terdiri dari pompa pendorong yang terhubung ke saluran air yang masuk ke rumah Anda.

Pompa pendorong akan dihubungkan ke saluran air utama untuk memastikan bahwa pompa tersebut memasok tekanan air yang cukup ke seluruh rumah. Hal terbaik tentang pompa pendorong adalah tidak beroperasi terus menerus, sehingga cukup hemat energi. Ini hanya akan bekerja ketika seseorang di rumah menyalakan keran, yang berarti aman untuk pipa Anda. Pompa akan mengatur suplai air dalam kisaran 2-3 bar yang sesuai, cukup untuk memberikan tekanan air yang memadai untuk keperluan rumah tangga.

Bedanya, menggunakan pompa booster tekanan air akan  konstan, menjadikannya solusi yang sangat baik untuk tekanan air rendah di sebagian besar rumah tangga.

Pompa dorong atau booster akan hidup dan mati secara otomatis saat ada keran rumah yang dibuka atau ditutup. Ada 2 jenis tipe sensor otomatis pompa booster yang sering dipakai:

 Automatic Pressure Control merupakan otomatis yang biasanya digunakan untuk memodifikasi pompa hisap atau pompa biasa agar dapat di aplikasikan menjadi pompa pendorong atau booster pump sehingga dapat memberikan tekanan air yang tinggi dan stabil. Pompa ini bekerja dengan kombinasi fungsi flow switch (flow sensor) dan micro switch (pressure sensor) yang dapat digunakan pada pompa non-otomatis sehingga dapat berfungsi secara otomatis dan menunjang kinerja pompa air untuk mendapatkan tekanan pompa yang lebih konstan dan tidak cetak cetok.

Flow Switch
Pressure Switch

Flow switch merupakan saklar otomatis pompa air yang bekerja karena adanya dorongan air dimana ketika keran dibuka air dari sumber akan mendorong lidah sensor pada flow switch dan menyambungkan pompa dengan sumber listrik dan pompa akan hidup. Biasanya Flow Switch diapasang pada Pompa Booster atau pendorong, namun bisa diaplikasikan untuk digunakan pada pompa biasa (bukan pompa Booster). Dengan pompa biasa Anda bisa memilih sesuai kebutuhan, bisa Pompa sumur dangkal, Semi Jetpump dan Sumur Dalam (Jetpump).

Tanda dan Penyebab Rendahnya Tekanan Air Rumah Tangga

Tanda-tanda Tekanan Air Rumah Tangga Rendah

Tanda lain yang jelas dari tekanan air rendah di rumah adalah ketika tidak dapat menyalakan dua atau lebih keran sekaligus. Artinya, tidak mungkin mandi sambil mencuci atau menyiram tanaman. Menggunakan air di rumah tangga secara bersamaan bisa menjadi tidak mungkin. ini adalah tanda yang jelas bahwa Anda memerlukan perbaikan tekanan air dengan menggunakan pompa pendorong

Dalam beberapa kasus, keran atau perlengkapan tertentu di rumah tangga memberikan tekanan air yang lebih tinggi daripada yang lain. Satu keran mungkin mendapatkan pasokan tekanan air yang lebih baik karena terletak lebih dekat dengan pasokan air utama. Adalah umum untuk memiliki tekanan air yang lebih baik di lantai pertama rumah tangga berlantai dua karena keran lebih dekat ke saluran utama. Tentu saja, sama seperti masalah tekanan air lainnya, menambahkan pompa pendorong tekanan air dapat menyelesaikannya.

Penyebab Tekanan Air Rumah Tangga Rendah

  • Ukuran pipa

Sebagian besar rumah memiliki ukuran pipa yang kecil, yang dapat menjadi penyebab langsung rendahnya tekanan air. Kombinasi pipa kecil dan dan endapan kotoran pada pipa bisa sangat mempengaruhi untuk mendapatkan tekanan air yang Anda butuhkan agar semua keran air berfungsi dengan benar di rumah Anda.

  • Gravitasi

Toren dengan hanya menggunakan gravitasi yang kurang tinggi dapat menyebabkan air keran yang keluar menjadi kecil, penggunaan langsung air dari toren ke titik titik keran yang ada dirumah juga harus memperhatikan tinggi rendahnya penempatan toren air. Semakin tinggi letak toren dan besaran ukuran pipa dijalur awal toren maka akan semakin kencang air yang keluar dari keran. Namun penggunaan gravitasi airnya tidak stabil jika membuka keran labih dari satu pada saat bersamaan.

  • Masalah pipa

Dalam beberapa kasus, tekanan air yang rendah dapat disebabkan oleh kebocoran atau penyumbatan karena kotoran yang ada didalam pipa, Jika ini masalahnya, jangan memasang pompa booster dulu, Pastikan pipa air Anda tidak ada kebocoran atau kotor.

Apakah Anda Membutuhkan Pompa Booster di Rumah Anda?

Pompa booster adalah mesin pompa untuk meningkatkan tekanan aliran air. Karena sangat efektif, sehingga aliran air menjadi kencang walaupun disaat yang bersamaan Anda memakai lebih dari satu keran sekaligus.

Saat ini pompa pendorong sudah digunakan disebagian besar perpipaan dirumah tangga modern. Pompa booster dapat menawarkan peningkatan kenyamanan dan efisiensi fungsi rumah Anda. Namun jika Anda memiliki toren dengan ketinggian yang cukup yaitu minimal ketinggian 7 meter dari shower dan 3 meter dari keran, tekanan air sudah cukup tanpa menggunakan pompa dorong atau pompa booster sekalipun.

Sudah Pakai Pompa Dorong/Pompa Booster Tapi Air Masih Kecil?

Pipa kotor cuci pipa

Ada banyak kasus seperti ini terjadi pada rumah dengan usia diatas 10 tahun atau di lokasi yang air tanahnya kurang bagus kualitasnya. Kotoran yang menumpuk berupa plak tebal di sepanjang dinding pipa adalah penyebabnya. Penumpukan kotoran ini menyebabkan diameter pipa mengecil sehingga debit airpun akan mengecil.

Seiring bertambahnya usia pipa rumah hal ini adalah wajar dan pasti akan terjadi. Silahkan hubungi Dokter Pipa untuk melakukan pembersihan pipa air bersih secara menyeluruh sehingga kondisi pipa air anda kembali optimal seperti semula. Lakukan perawatan rutin ini untuk mencegah penumpukan kotoran, bakteri, virus, lumut yang dapat mengganggu kesehatan keluarga Anda.

Kategori

Bagaimana Cara Memilih Pipa PVC yang Tepat?

29 Agustus 2022

Lain rumah, lain lagi kebutuhannya terhadap air. Pipa PVC yang digunakan pun pastilah berbeda. Artikel kali ini akan membahas mengenai […]

Baca Artikel..
pipa dalam drainase

Bunyi Air Mengalir di Saluran Pembuangan, Dari Mana Asalnya?

23 Februari 2022

Di saluran pembuangan kamar mandi saya selalu ada seperti bunyi air mengalir padahal tidak ada yang menggunakan air. Kenapa bisa […]

Baca Artikel..
Apakah Air tanah di rumah anda berubah warna menjadi kuning setelah Anda tidak menggunakan keran selama beberapa waktu lalu kemudian mulai jernih kembali setelah beberapa beberapa detik

Apakah Air Tanah Aman Untuk Digunakan?

27 Juli 2021

Apakah Air tanah di rumah anda berubah warna menjadi kuning setelah Anda tidak menggunakan keran selama beberapa waktu lalu kemudian […]

Baca Artikel..
Scroll to Top