Home » Bagaimana Cara Memilih Pipa PVC yang Tepat?

Bagaimana Cara Memilih Pipa PVC yang Tepat?

Lain rumah, lain lagi kebutuhannya terhadap air. Pipa PVC yang digunakan pun pastilah berbeda. Artikel kali ini akan membahas mengenai jenis-jenis dan tips dalam memilih pipa PVC yang sesuai dengan kebutuhan!

Jenis-jenis Pipa PVC dan Fungsinya

Orang-orang kebanyakan memilih pipa berbahan dasar Polyvinyl Chloride atau yang sering disingkat PVC. Karena pipa yang satu ini kuat terhadap asam alkali yang dapat menimbulkan lapisan pipa terkikis. Pipa PVC juga anti karat, bersifat non-konduktor dan memiliki bobot yang ringan. Selian itu juga pipa jenis ini banyak dipilih karena harganya yang terjangkau dari yang lain.
Proses pemasangan pipa PVC yang mudah bisa dilakukan secara mandiri juga menjadi salah satu alasan lainnya. Bahan dasar pipa PVC ini fleksibel sehingga bisa dipakai di berbagai saluran air di rumah.
Sebelum mengetahui tips memilih pipa PVC yang tepat sesuai kebutuhan, ketahui lebih dulu jenis-jenis dari pipa PVC itu sendiri. Berikut adalah beberapa jenis pipa PVC yang harus diketahui:

  1. Kelas AW
    Pipa kelas AW merupakan pipa PVC paling tebal, ia bisa menahan tekanan hingga 10kg/cm². Pipa yang ini paling cocok untuk saluran tekanan tinggi, salah satunya adalah pemakaian pompa air.
  2. Kelas D
    Pipa PVC kelas ini memiliki ketebalan dinding yang sedang. Ia bisa menahan tekanan hingga 5kg/cm². Pipa kelas ini cocok untuk kebutuhan saluran air di rumah.
  3. Kelas C
    Pipa PVC kelas ini merupakan pipa paling tipis. Oleh karena itu orang menggunakan pipa ini hanya sebagai lapisan untuk melindungi kabel listrik.

Macam-macam Saluran Air Rumah dan Jenis Pipa yang Sesuai

Di setiap hunian pasti memiliki berbagai macam saluran air. Setiap saluran air tentu memiliki fungsinya tersendiri. Paling tidak di setiap rumah terdapat tiga macam saluran, sebagai berikut:

  1. Saluran Air Bersih
    Saluran air bersih berfungsi untuk mengalirkan air yang biasa digunakan untuk kebutuhan sanitasi di rumah. Salah satu saluran air bersih adalah keran untuk mandi dan cuci piring. Jenis pipa PVC yang cocok untuk saluran air bersih adalah pipa PVC kelas AW dengan ukuran ½ dan ¾ inchi.
  2. Saluran Air Buangan
    Saluran yang satu ini yaitu tempat pembuangan air kotor. Salah satu contoh saluran air buangan di rumah yaitu tempat pembuangan air bekas cuci piring atau baju. Jenis pipa PVC yang tepat untuk saluran pembuangan adalah pipa kelas AW atau D dengan ukuran 2 sampai 3 inchi.
  3. Saluran Air Kotor
    Saluran air kotor ini yaitu saluran air kloset. Jenis pipa PVC yang cocok untuk saluran kotor ialah pipa PVC kelas AW dan D dengan ukuran 4 inchi.

Itulah beberapa saluran air di dalam rumah beserta jenis pipa yang seusai peruntukannya.

Cara Memilih Pipa PVC yang Tepat dengan Fungsinya

Pemilihan pipa PVC yang tepat sangat penting. Hal itu agar saluran air berjalan lancar karena pemilihan pipa yang tepat. Selain itu pemilihan pipa adalah ibarat sebuah investasi jangka panjang yang harus diperhatikan kualitasnya.
Berikut adalah beberapa tips dalam memilih pipa PVC yang tepat:

  1. Pilih pipa PVC sesuai dengan kebutuhan. Caranya, baca kembali jenis-jenis pipa PVC yang sudah dijelaskan di atas, lalu cocokan dengan kebutuhan. Pipa yang mana yang kamu butuhkan.
  2. Tes terlebih dahulu kekuatan pipa yang akan dibeli. Ketika pergi ke toko bangunan, mereka akan menawarkan banyak pilihan merek. Kamu bisa memilih merek dengan kualitas paling baik dan tentunya sesuai dengan yang dibutuhkan. Akan lebih baik lagi bila kamu bertanya langsung kepada penjual mengenai kelebihan dan kekurangan merek-merek tersebut. Pilih merek dengan kualitas dan reputasi pipa yang terbaik.
  3. Pilih pipa PVC dengan ukuran yang sesuai kebutuhan, seperti yang telah kami contohkan sebelumnya. Bila untuk saluran pembuangan kamu bisa menggunakan jenis pipa PVC kelas AW atau D dengan ukuran 2 sampai 3 inchi.
  4. Sesuaikan pipa dengan saluran, karena seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa beda saluran tentu beda juga pipa yang dibutuhkan. Misal, kamar mandi yang memiliki sistem heater tentu membutuhkan pipa yang tahan panas, minimal hingga 85 derajat celcius.
  5. Tidak kalah pentingnya, gunakanlah fitting dan perekat pipa dengan kualitas yang terbaik juga.

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis pipa, berbagai macam saluran air dan tips memilih pipa yang sesuai kebutuhan.

Bila terjadi kerusakan pada pipa kamu, Dokter pipa siap melayani segala macam keluhan mengenai pipa. Semoga artikel kali ini bisa membantu.

Kategori

Pompa dorong

Air Kurang Kencang? Pompa Dorong/Booster Bisa Jadi Solusinya.

23 Agustus 2022

Pompa booster air atau pompa dorong adalah pompa yang membantu meningkatkan tekanan dan volume air yang mengalir ke keran rumah […]

Baca Artikel..
pipa dalam drainase

Bunyi Air Mengalir di Saluran Pembuangan, Dari Mana Asalnya?

23 Februari 2022

Di saluran pembuangan kamar mandi saya selalu ada seperti bunyi air mengalir padahal tidak ada yang menggunakan air. Kenapa bisa […]

Baca Artikel..
Apakah Air tanah di rumah anda berubah warna menjadi kuning setelah Anda tidak menggunakan keran selama beberapa waktu lalu kemudian mulai jernih kembali setelah beberapa beberapa detik

Apakah Air Tanah Aman Untuk Digunakan?

27 Juli 2021

Apakah Air tanah di rumah anda berubah warna menjadi kuning setelah Anda tidak menggunakan keran selama beberapa waktu lalu kemudian […]

Baca Artikel..
Scroll to Top